Senin, 27 Februari 2012

Keunikan Dari Motif Batik Madura



Motif Batik – Madura tak hanya terkenal dengan dengan budaya karapan sapi namun ternyata Madura juga terkenal akan penghasil kain batik. Ragam dan keunikan motif batik Madura menjadi nilai jual bagi kain batik Madura.

Perwarnaan Pada kain dan motif batik Madura memakai pewarna alami sehingga warnanya cukup mencolok, ramah lingkungan dan lebih tahan lama. Disamping  warna yang mencolok, seperti kuning, merah atau hijau, batik Madura juga memiliki perbendaharaan motif yang beragam. Misalnya, pucuk tombak, belah ketupat, dan rajut. Bahkan, ada sejumlah motif mengangkat aneka flora dan fauna yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.


Diantara ragam kain dan motif batik Madura, batik tulis menjadi perimadona dan paling banyak dicari oleh penggemar batik, misalnya saja Untuk Batik Tulis Madura yang direndam kurang dari Setahun, mungkin hanya berharga antara 1 juta hingga 10 juta rupiah saja. Namun, untuk Batik Tulis yang di rendam hingga bertahun-tahun, harganya bisa sangat mahal. Terlebih lagi untuk Batik Tulis Madura yang sangat Tua/ Kuno, harganya bisa mencapai Ratusan Juta Rupiah.



Info Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar