Rabu, 15 Februari 2012

Keterkaitan Feng Shui Antara Tanggal Lahir





Feng Shui Rumah Berdasarkan Tanggal Lahir – Ba Zi disebut dengan 8 Pillar Kehidupan (Delapan elemen/ Eight Characters) merupakan ilmu metafisika China yang menganalisis data lahir seseorang. Analisis dilakukan dengan mengkonversikan data lahir tersebut menjadi unsure-unsur  yang membentuk formasi tertentu, dengan menggunakan sistem penanggalan matahari (Hsia Calendar – Kalender 10ribu tahun).Dari sini bisa dijelaskan berbagai aspek kehidupan seseorang.

Feng Shui, pada dasarnya tak jauh berbeda dengan Ba Zi, dengan obyeknya adalah bangunan. Kalau untuk analisis Ba Zi dibutuhkan data lahir seseorang, maka dalam feng shui tidak hanya data lahir dari bangunan tersebut (tahun/ periode pembangunannya), tapi juga arah hadap struktur/ estetika bangunan. Dalam prkatik feng shui, ada dua pendekatan yang harus diaplikasikan secara paralel, yaitu feng shui bentuk dan feng shui kompas.

Feng shui bentuk, memanage tata letak ruangan dan fungsi-fungsi yang terdapat pada sebuah bangunan (pintu, jendela, tangga), tanpa memperhatikan arah. contohnya, kamar tidur di lantai 2 sebaiknya tidak berada persis di atas dapur (lantai 1), posisi pintu depan dan pintu belakang tidak segaris lurus dan berhadapan langsung, hindari angunan di T-junction (tusuk sate), dan lain-lain.
Dengan Feng shui kompas, mengatur penempatan ruangan terbaik, berdasarkan energi yang terbentuk karena arah hadap dan waktu pembangunannya. Salah satu aliran dalam feng shui kompas ini adalah Feng Shui Bintang Terbang (Xuan Kong Flying Star). Dibandingkan feng shui bentuk, feng shui bintang terbang ini lebih rumit (complicated).

So pentinga mana antara keduanya, feng shui bentuk atau feng shui kompas? Jawabnya: keduanya sama-sama penting. Jika diibaratkan, feng shui bentuk adalah hardware sebuah komputer, dan feng shui kompas adalah software nya. Keduanya penting, saling melengkapi, dan harus saling menunjang. Prinsip ini persis sama dengan feng shui.

Feng Shui Rumah Berdasarkan Tanggal Lahir, harus menghasilkan tata letak yang bagus untuk siapapun yang menempatinya (terutama pintu utama, kamar tidur, dan dapur). Dengan kata lain, feng shui sebuah bangunan bagus atau buruk berlaku untuk siapapun yang menempati, terlepas kapan dia lahir, shio apa, kelompok apa (Barat atau Timur).
Lantas, bagaimana dengan data lahir penghuni (Ba Zi)? Kalau pada tahap sebelumnya, penataan feng shui masih ‘mengabaikan’ data lahir penghuni, itu diibaratkan pencarian gelombang radio pada posisi ‘tuned.’

Dengan memaksimalkan data lahir penghuni, adalah untuk ‘fine tuned’ nya. Artinya, untuk ruang-ruang dan perabot yang sifatnya personal (personalized), yaitu kamar tidur, meja kerja, tempat tidur, baru diatur sesuai dengan hasil analisis data lahir penghuninya. Feng shui rumah berpengaruh pada orang yang menempati, bukan pada siapa yang memiliki.
Initinya adalah, tidak tepat menanyakan arah hadap bangunan, pintu, letak kamar yang cocok untuk seseorang yang lahir pada tanggal tertentu. Karena yang harus dianalisis adalah feng shui bangunan nya terlebih dahulu (arah hadap – 24 gunung, dan waktu pembangunan), tidak dengan data lahir penghuni.



Info Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar