Senin, 02 April 2012

Perawatan Rutin Tabung APAR



Alat Pemadam Api – Kebekaran bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, tentu saja kita tidak menginginkan hal itu terjadi, namun kita harus siap jika kejadian itu harus terjadi kepada kita, salah satu persiapan yang bisa kita  lakukan adalah dengan menyiapkan alat pemadam api atau kebakaran, ada banyak jenis dan varian untuk alat pemadam api atau kebakaran , dan yang paling popular dan efektif sekarang ini adalah yang berbentuk tabung APAR.

Tabung APAR (alat pemadam api ringan) biasa digunakan di fasiltas umum, seperti mall, apartemen, kantor hingga rumah. Tabung APAR (alat pemadam api ringan) sendiri dibedakan menjadi 4 jenis yaitu: Dry Chemical Powder (serbuk Kimia Kering), Gas CO2, Busa, Hallon.
Tabung APAR (alat pemadam api ringan) sendiri keberadaanya sering kali terbengkali dan minim perawatan bahkan tak jarang ketika kebakaran terjadi tabung APAR (alat pemadam api ringan) tidak berfungsi sebagaimana mestinya baik itu isinya yang tidak bisa keluar, tutub tabung APAR (alat pemadam api ringan) yang susah dibuka, atau bahkan tidak adanya tekanan untuk menyemprotkan isi dalam APAR (alat pemadam api ringan) karena kebocoran gas pendorong.

Layaknya benda-benda lain tabung APAR (alat pemadam api ringan) pun harus dilakukan perawatan rutin agar terhindar dari problem-problem di atas, berikuti ini tips perawatan rutin tabung APAR (alat pemadam api ringan) yang dapat anda lakukan setiap bulannya:

1. cek apakah terdapat kebocoran pada tabung dan pastikan gas pendorong tidak bocor, indikasinya adalah keberadaan posisi jarum yg terletak di pressure gauge tepat berada di posisi 15 s/d 20 Bar. (Berlaku tuk tabung type Stored Pressure)

2. cek segel di tabung Cartridge yg berada di leher tabung, apakaha masih dalam keadaan utuh, lalu kembalikan pada posisi semula. (Berlaku tuk tabung type Cartridge)

3. bersihkan tabung dari debu, air, maupun korosi. Caranya gosok tabung dgn kain basah hingga tak ada lagi debu, lalu gosok lagi dgn kain kering. Setelah itu oleskan sedikit solar pada body tabung secara merata, lalu akhiri dgn penggosokan menggunakan kain kering.

4. bolak-balikan tabung guna menghindari pembekuan pada cairan dalam tabung. Caranya, satu tangan memegang bagian atas tabung, dan tangan satunya lagi memegang bagian bawah tabung. Lalu bagian atas tabung dibalik ke bawah dan sebaliknya, bagian bawah tabung dibolak ke atas. Lakukan hingga 3 sampai 5 kali secara perlahan. (Berlaku tuk tabung model Portable Standard, baik Stored Pressure maupun Cartridge)

5. berikan pelumas secara rutin pada roda tabung. Pastikan jari-jari, velg, dan posisi roda dalam keadaan baik.

6. yakinkan Bracket dalam keadaan kuat dan melekat sempurna dgn dinding. (Berlaku tuk tabung model Portable Standard, baik Stored Pressure & Cartridge)

7. Jangan hadapkan tabung alat pemadam api ringan dgn sinar matahari dan hujan,

8. Usahakan agar tabung alat pemadam api ringan APAR Chubb terhindar dari kontak langsung matahari dan disarankan tuk tuk member penutup/canopy/ pelindung pada tabung demi menjaga kualitas tabung lebih tahan lama



Info Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar