Selasa, 31 Januari 2012

Tips dan Kiat Membeli Alat Kesehatan


Banyak beredarnya aneka jenis alat kesehatan yang dipasaran membuat kita sebagai konsumen memiliki banyak pilihan sekaligus juga ekstra hati-hati dan selektif. Ada beberapa jenis alat kesehatan yang perlu kita ketahui:


alat kesehatan


1. Alat kesehatan untuk kalangan terbatas, untuk rumah sakit dan profesi kesehatan. Alat-alat tersebut membuthkan kemampuan khusus dalam pengoperasiannya. Contoh alatnya adalah Ultrasonografi (USG), X-Ray, dll.

2. Alat kesehatan untuk masyarakat umum atau pribadi. Cara pengoprasiannya mudah dan tidak dibutuhkan keahlian khusus. Contohnya Kursi roda, thermometer dan lain-lain.

Bagi masyarakat umum diluar profesi kesehatan, ada beberapa tips dalam memilih alat kesehatan, antara lain :

1. menetapkan tujuan dan fungsi dari pembelian alat kesehatan, untuk mendapatkan hasil yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan petugas kesehatan, supaya alat kesehatan yang dibeli tidak sia sia.

2. Mencari informasi detail dan lengkap mengenai alat kesehatan tersebut. Bisa melalui saudara, atau mellaui internet.

3. Pilihlah alat kesehatan yang memiliki izin resmi dan stadarisasi dari depkes.

4. Sesuaikan alat kesehatan dengan budget yang Ada. Umumnya produk dalam neger atau buatan Cina lebih murah dari produk Eropa, Amerika dan Jepang.

5. Tanyakan juga mengenai garansi, perawatan dan cara mengoperasikan alat kepada distributor atau penjualnya.

Dengan tips diatas diharapkan kita bisa menggunakan alat kesehatan sesuai dengan fungsinya dan terhindar dari kesalahan dalam menggunakan alat kesehatan.(wk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar