Selasa, 31 Januari 2012

Tips Bisnis Laundry

Laundry saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, terutama di kota-kota besar. Semua ini dikarenakan banyaknya kegiatan atau aktivitas mereka, sehingga tidak sempat untuk mencuci baju sendiri.

Hal inilah yang memicu berkembang pesatnya bisnis laundry kiloan. Sekarang bisa kita lihat hampir di setiap daerah di Jakarta memiliki jasa laundry kiloan, terutama daerah padat penduduknya.

laundry


Bagi anda yang berminat untuk terjun dalam bisnis laundry. Ada beberapa tips yang bisa menjadi acuan sebelum anda memuytuskan untuk masuk di bisnis ini:

- Melakukan survey lokasi merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis laundry. Anda bisa survey daerah tersebut apakah memiliki potensi untuk menggunakan jasa laundry. Misalnya daerah kos-kosan mahasiswa atau karyawan yang rata-rata masih single atau bisa juga perumahan.

- Cermati juga apakah ada bisnis laundry lain atau kompetitor di tempat tersebut. Jika ada anda harus pelajari kelebihan dan kekurangan competitor untuk bisa mengalahkannya secara sehat. Apakah itu nanti bisa melalui promo atau memberi lebih kepada pelangan dengan harga yang sama.

- Cermati juga biaya dan detail dari bisnis laundry yang akan Anda jalani, misalnya biaya listrik, air, pegawai dan peralatan yang dibutuhkan. Dan tentunya butuh berapa lama untuk bisa balik modal, dan lain sebagainya.

- Melakukan promo yang cerdas, misalnya member diskon atau voucher gratis setiap 10 kali cuci dan sebagainya untuk menarik pelanggan.

Semoga dengan tips singkat ini Anda bisa memulai bisnis Laundry dengan lancar.(wk)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar