Senin, 18 Februari 2013

Tips Pilih Arsitek Rumah

Maket - Agar rumah impian anda bisa terwujud dengan sempurna, tentunya anda membutuhkan bantuan dari tenaga ahli yang profesional yaitu arsitek. Namun tidak semua profesional sesuai dengan kriteria dan kebutuhan anda dan tentunya dengan hasil kerja yang memuaskan anda.

Jika salah pilih, malah bisa menderita kerugian dan kekecewaan yang menghampiri anda. Agar hal ini tidak terjadi simak tips menemukan arsitek yang tepat untuk kebutuhan properti Anda.

1. Pastikan untuk mengetahui reputasi arsitek dari orang yang mengenal atau merekomendasikannya. Selain itu periksa juga portofolio arsitek tersebut, apakah cocok dengan kebutuhan anda atau tidak. Sebaiknya jangan menyewa arsitek yang hanya mempunyai pengalaman merancang rumah tinggal untuk merancang bangunan yang kompleks, seperti hotel atau mal. Kalaupun anda ingin memberikan kesempatan lebih pada arsitek tersebut, maka pastikan dia mempunyai referensi cukup untuk membuat desain sekelas dengan yang diinginkan.

2. Pilihlah arsitek yang mempunyai selera yang sesuai dengan Anda.

3. Negosiasikan fee desain dan lingkup pekerjaan dengan jelas sebelum menyetujui untuk menyewa arsitek tersebut. Biasanya produk akhir arsitek adalah gambar kerja, rencana anggaran biaya, rencana kerja dan syarat-syarat, serta hitungan struktur.

4. Jika anda telah bersepakat untuk bekerja dengan arsitek, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan segala ide di kepala anda, dan berikan arsitek kebebasan untuk menerjemahkannya. Intensifkan proses diskusi dengan arsitek sampai dengan tahap pra desain (sampai disetujui denah, tampak, potongan dan gambar 3 dimensi), karena setelah pra desain disetujui arsitek akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan gambar kerja dan dokumen-dokumen lain. Jika anda masih banyak mengubah desain pada tahap tersebut, maka waktu kerja arsitek pun akan bertambah dan kemungkinan anda akan dikenakan biaya untuk itu.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Info: Maket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar