Senin, 23 Juli 2012

Cara Mudah Memperbaiki AC Bocor Keluar Air Pada AC Indoor






Service AC –Semakin panasnya cuaca sering kali dipecahkan dengan penggunaan ac, tak jarang untuk satu rumah saja, penggunaan ac saja lebih dari 2 buah, tak hanya pada rumah, di gedung-gedung pun penggunaan ac terbilang wajib dan pasti ada.

Namun agar ac dapat optimal dan tahan lama tentunya perawatan atau service ac menjadi hal yang pasti dilakukan, biasanya service ac dilakukan dengan memanggil teknisi dan tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit, nah untuk menghemat biaya pengeluaran anda, bagaimana jika service ac ini anda lakukan sendiri ?

Untuk masalah minor pada service ac, bisa anda lakukan sendiri tentunya dengan panduan yang ada salah satunya jika terjadi kebocaran pada AC, berikut beberapa langkah service AC yang dikutip dari mazelisonk.wordpress.com yang bisa anda lakukan :

Pertama, pastinya cek kembali manual book terlebih dahulu, Membaca manual book ini sangat penting karena bisa jadi ada beberapa baut yang posisinya tersembunyi. Disini diambil conoth produk AC Sharp Plasmacluster 1/2PK, dimana untuk membuka cover harus melepas 2 buah baut yang tertanam di bagian dalam. Kalau perlu cabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman.

Kedua, Buka tutup cover sesuai petunjuk dalam manual. Gambar ini menunjukkan cover sudah terbuka.



Ketiga, Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil (selang yang saya pakai selang untuk aki sepeda motor) seperti gambar berikut.



Keempat, Semprot/tiup selang tadi memakai air, mudahnya  kita kumur-kumur pake air lalu airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. 

Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat. Setelah selesai rakit kembali unit Indoor.



note: dengan membuka cover unit Indoor kita akan bisa sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator.


Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar